You Are Here: Home > event > MedEx-(Medical-Explore)-AMSA-UMI-2018

MedEx (Medical Explore) AMSA-UMI 2018

From To | 0 Comments

Medical Explore 2018 Thailand

Kegiatan Medical Explore (MedEx) merupakan kegiatan dari fakultas yang bekerjasama dengan AMSA Universitas Muslim Indonesia (UMI). Berdasar pada filosofi AMSA yaity Knowledge dan Friendship, Kegiatan ini bertujuan untuk memperbanyak wawasan, pengalaman, dan pertemanan  mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia agar memenuhi hasrat akan ilmu pengetahuan dan meningkatkan daya saing global civitas akademika Fakultas Kedokteran UMI. Kegiatan MedEx tahun ini diselenggarakan di Thailand.

Perjalanan ini dimulai pada tanggal 21 Januari hingga 26 Januari 2018. Pagi itu, pada hari Minggu tanggal 21 Januari, bersama dengan mahasiswa fakultas kedokteran UMI, kakak kakak DMP (Dewan Mahasiswa Profesi), dan dosen-dosen, kami berkumpul di Bandara Internasional Sultan Hassanuddin. Kami lalu berangkat ke Jakarta pada pukul 13:45. Tidak lama setelah tiba di Jakarta, kami langsung berangkat ke Bangkok menggunakan pesawat Thai Airways pada pukul 18:25. Malam itu, setelah tiba di Suvarnabhumi Airport, Bangkok, kami langsung menuju ke hotel untuk beristirahat.

Hari pertama di Bangkok, kami berangkat ke Phramongkutklao College of Medicine pada pukul 09.00. Setelah tiba di sana kami disambut oleh Colonel Padjaree Thitthiwong, MD bersama para mahasiswanya. Lalu kami diarahkan ke ruang rapat, disana kami menonton video perkenalan tentang kampus mereka. Padapukul 10.00 kami dibawa keruang kuliah, bersama dengan mahasiswa tahun ke-2 kami  disajikan kuliah tentang Acute Leukemia oleh Piya Rujkijyanont, MD. Setelah itu kami  diajak untuk berkeliling di kampus mereka, mulai dari dormitory, kolam renang, lapangan olahraga, hingga kantin mereka. Di Kantinnya, disajikan makanan untuk kami, kami pun makan dan di arahkan untuk shalat di ruangan yang telah mereka sediakan bagi kami. Selesai shalat, kami menuju ke Phramongkutklao Hospital, disana kami diberikan akses untuk melihat kegiatan hingga di dalam laboratorium mereka. Setelah hospital visit,  kami juga diajak untuk berkunjung ke Phaya Thai Palace, disana kami pun  mengucapkan salam perpisahan untuk dosen dan mahasiswa dari Phramongkutklao. Mengakhiri jadwal hari pertama, kami mengunjungi museum patung lilin, Madamme Tussauds.

Pada hari kedua, setelah sarapan kami langsung bergegas menuju ke Wat Arun, sebuah tempat wisata dimana kami harus naik perahu terlebih dahulu. Disana terdapat banyak took cinderamata. Setelah itu kami berangkat ke Pattaya dengan menggunakan bus. Tempat pertama yang  dikunjungi ialah Big Bee Farm, tempat pembuatan dan penjualan madu terbesar di Thailand. Lalu kami melanjutkan perjalanan ke Pattaya Hard Rock Merchandise Store yang terletak tepat di depan Pattaya Beach. Setelah makan di restaurant, kami kembali ke hotel untuk beristirahat.

Jadwal hari ketiga diawali dengan kunjungan ke Laser Buddha, sebuah tempat wisata religius Thailand dengan gambar Buddha raksasa yang terpahat dengan laser di sebuah gunung. Lalu kami ke Silverlake Grape Farm, disana kami bisa membeli minuman rasa anggur yang segar. Kemudian kami menuju NongNooch Village, tempat wisata dengan atraksi yang sangat banyak. Pertama, kami menonton teater kebudayaan Thailand, setelah itu kami menonton pertunjukan gajah, dan kunjungan kami diakhiri dengan makan siang bersama di sana. Setelah itu, kami mampir ke Gems Gallery, tempat pembuatan dan penjualan berbagai perhiasan. Disana kami diperlihatkan cara membuat perhiasan. Pada malam hari setelah makan, kami ke Paradise Art 4D museum untuk mengambil beberapa foto dengan latar yang unik.

Hari ke empat, kami kembali ke Bangkok. Hari itu kami menghabiskan waktu dengan berbelanja oleh-oleh di MBK Mall hingga waktu makan malam. Setelah itu kami ke Asiatique untuk melanjutkan kegiatan berbelanja.

Hari ke lima hari terakhir kami di Bangkok. kami tak lupa untuk mampir di  Chocolate Shop, tempat penjualan cokelat dengan berbagai rasa, mulai dari rasa durian hingga rasa tom yam. Setelah itu kami langsung menuju ke bandara Suvarnabhumi dan berangkat kembali ke Jakarta. Tak terasa perjalanan kami telah berakhir. Di Jakarta, kami makan malam di bandara. Tak lama setelah itu tibalah saatnya kamipun kembali ke Makassar.

Perjalanan selama 5 hari 5 malam di Thailand sangatlah berharga bagi kami, sambutan yang sangat baik dari PCM University dan perjalanan menyusuri Bangkok-Pattaya menjadi pengalaman yang tak akan kami lupakan.